Uang Kertas: Sejarah, Pengertian, Kekurangan dan Kelebihan Uang Kertas

loading...
Pada kesempatan ini kita akan mebahas tentang Sejarah uang kertas, Pengertian uang kertas, Kelebihan uang kertas dan kelemahan uang kertas.

Sejarah dan Pengertian Uang Kertas 

Uang kertas adalah alat bayar yang sah untuk jumlah yang besar. Kebanyakan negara sekarang ini menganut sistem standar kertas, termasuk Indonesia.

Dengan standar ini peredaran uang tidak lagi dihubungkan pada salah satu logam. Uang kertas ini diterima sebagai alat pembayaran yang sah karena berdasarkan pada kepercayaan masyarakat terhadap badan yang mengeluarkan uang itu.
Uang Kertas: Sejarah, Pengertian, Kekurangan dan Kelebihan Uang Kertas
Gambar: Uang Kertas Indonesia

Atas kepercayaan itu kertas yang telah dijadikan uang itu disebut uang fiduciair (fiducio = kepercayaan). Jadi, uang kertas ini berdasarkan pada kepercayaan masyarakat. Dengan mencetak uang kertas, pemerintah dapat menghemat biaya-biaya pembuatan uang.

Sebab dengan uang emas dan perak, mahal harganya, sangat jarang, dan sukar didapat. Dengan mencetak uang kertas sebagai alat bayar, logam-logam tersebut dapat digunakan untuk keperluan lain, misalnya untuk industri.

Lagipula jika keperluan alat bayar bertambah, maka keperluan itu mudah dipenuhi. Selain itu, dengan uang kertas dapat dilakukan pembayaran-pembayaran dalam jumlah besar, dibandingkan dengan uang logam.

Pengiriman uang pun mudah dilakukan dengan uang kertas. Pengeluaran uang kertas tidak boleh dilakukan sewenang- wenang oleh pemerintah, sebab akan timbul bahaya inflasi. Jadi, harus seimbang dengan kebutuhan barang-barang yang tersedia dan penerimaan- penerimaan negara.

Mengapa pemerintah mengedarkan uang kertas? Bukankah mata uang logam sudah diterima oleh masyarakat? Bila kita menyelesaikan transaksi-transaksi kecil dengan menggunakan uang logam Cyan mulia, umumnya kita tidak mengalami kesulitan, misalnya membeli pakaian satu stel.

Akan tetapi, kalau kita menyelesaikan transaksi besar dengan menggunakan mata uang logam mulia, kita akan mengalami kesulitan.

Kelebihan dan Kekurangan Uang Kertas

Kelebihan uang kertas diantaranya adalah:

1. Mudah dibawa

2. Nominalnya tinggi

3. Pembuatannya tidak membutuhkan biaya banyak dibandingkan uang logam

4. Mudah disimpan

5. Ringan

Kekurangan uang kertas diantaranya:

1. Mudah dipalsukan

2. Mudah rusak, robek dan kotor

3. Tidak tahan lama.

Jangan Lupa Baca juga:

1. 18 Nama Lain Hari Kiamat
2. Gambaran Surga dan Kenikmatannya
3. Budidaya Cabe Rawit
4. Nama Lain Daun Bidara Beserta Khasiat dan Manfaatnya
5. Gangguan Jin