Pengertian dan contoh Bank Primer

loading...
Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Bank Primer dan Bank syariah. mulai dari pengertian bank primer. dilanjutkan dengan pengertian, prinsip, tugas, produk dan fungsi bank syariah. dan semua yan berkaitan dengan perbankan syariah.

Bank pemerintah merupakan bank primer


Berdasarkan institusi penciptaan uang

Berdasarkan institusi penciptaan uang, bank dibedakan menjadi bank primer dan bank sekunder.
  1. Bank primer, yaitu bank yang bisa menciptakan uang melalui simpanan masyarakat yang ada padanya, yaitu likuid dalam bentuk giro. Bank primer pada umumnya adalah bank-bank umum yang terdiri atas Bank Umum pemerintah, Bank Umum swasta nasional, dan asing.
  2. Bank sekunder, yaitu bank-bank yang tidak bisa menciptakan uang melalui masyarakat yang ada padanya. Bank-bank ini umumnya terdiri atas Bank Desa, Bank Koperasi , dan bank-bank lain yang dapat disamakan kedudukannya dengan bank itu.

Bank syariah

Teller sedang melayani nasabah
Bank syariah adalah bank (Bank umum atau Bank Perkreditan Rakyat) yang dalam kegiatannya (menghimpun dana dan menyalurkan dana) memberikan imbalan atas dasar prinsip syariah, yaitu bagi hasil dan jual beli. Perbankan umum denganNo. 10 tahun 1998 tentang Perubahan UU no. 7 tahun 1992 tentang Perbankan.

Lembaga perbankan syariah secara formal dimulai sejak tahun 1992 dengan hadirnya perbankan syariah pertama, yaitu Bank Muamalat Indonesia (BMI) yang didirikan berdasarkan UU No. 7 tahun 1992.


Prinsip operasi perbankan syariah adalah bagi hasil, baik antara bank dengan nasabah penyimpan dana (sahibul maal) maupun antara bank dengan peminjam dana/debitur (mudharib).

Aktivitas atau jenis produk perbankan syariah umumnya dibagi menjadi tiga golongan, yaitu produk dana, produk pembiayaan, dan produk jasa perbankan syariah.

Demikianlah sekelumit tentang Bank Primer dan Bank syariah. mulai dari pengertian bank primer. dilanjutkan dengan pengertian, prinsip, tugas, produk dan fungsi bank syariah.  dan semua yan berkaitan dengan perbankan syariah.