Tujuan Jepang Menduduki Indonesia dan Propaganda Jepang Terhadap Rakyat Indonesia

loading...
Hai, Guys.... Jumpa lagi dengan SaGa-SiGi, hehe. Dah lama gak posting jari jadi kaku-kaku ne. Moga gak bosen ya? Amiin. Mohon doanya ya agar blog kita ne tetep exisss, kayak kamu, iya, kamu....
Pada sore ini SaGa-SiGi pengen cerita ne, gimana Jepang Menduduki Indonesia, Tujuan Jepang Menduduki Indonesia, dan Propaganda Jepang terhadap rakyat Indonesia.

Sebelumnya temen-temen pernah denger Propaganda belum? yang dimaksud propaganda adalah sekumpulan pesan-pesan yang bertujuan untuk mengontrol dan mengendalikan sikap sekelompok orang atau masyarakat, sehingga ia terpengaruh terhadap pesan-pesan yang disampaikan.

1. Propaganda Jepang Terhadap Rakyat Indonesia

Temen-temen pasti dah tau donk kekeyaan Indonesia. Tidak diragukan lagi, banyaknya sumber daya di Indonesia baik alam maupun Manusia yang dapat diberdayakan jepang untuk menyelesaikan perang-perangnya.

maka Jepang berinisiatif untuk menduduki/menjajah Indonesia ini tapi dengan cara dan bahasa yang halus sehingga terkesan seolah-olah jepang bukan menjajah. Padahal, mereka hanya ingin manfaatkan Indonesia.

Seperti kata Milton Friedman "No Free Lunch" tidak ada makan siang Gratis. gak mungkin Jepang memberi kemerdekaan Indonesia dengan cuma-cuma pasti ada maunya.

Dan untuk menarik simpati rakyat Indonesia disusunlah sebuah strategi untuk meluluhkan hati masyarakat dan pemimpin indonesia, yaitu dengan propaganda. diantara propaganda Jepang terhadap rakyat indonesia adalah:

1. Jepang menganggap sebagai "Saudara tua" bagi bangsa asia sehingga kemerdekaan bangsa diseluruh asia merupakan tanggung jawab Jepang.

2. Jepang mencetuskan sebuah semboyan, yang disebut dengan istilah "Gerakan Tiga A" yang berbunyi : Jepang Pemimpin Asia, Jepang Pelindng Asia, dan Jepang Cahaya Asia.

3. Jepang berjanji mempermudah bangsa Indonesia untuk beribadah Haji, selain itu juga Jepang menjual barang produksinya ke Indonesia dengan harga yang lebih murah.

Selain itu, untuk jepang menarik simpati bangsa indonesia, Jepang mengijinkan bendera merah putih untuk berkibar dan berkumandangnya lagu indonesia raya bersamaan dengan berkumandangnya lagu kebangsaan Jepang"Kimigayo”.
Tujuan Jepang Menduduki Indonesia dan Propaganda Jepang Terhadap Rakyat Indonesia
Gambar: Buruh Indonesia pada masa pendudukan jepang

2. Tujuan Jepang Menduduki Indonesia

Suatu negara menjajah bangsa atau negara lain  tentu ada sebabnya. Tujuan utama jepang menduduki Indonesia antara laimgin: Jepang ingin menjadikan:

a. Indonesia sebagai daerah jajahan yang dapat menghasilkan dan menyuplai bahan mentah dan bahan bakar bagi kepentingan perang dan industri Jepang.

b. Indonesia sebagai tempat memasarakan hasil industri Jepang. Mengingat bangsa Indonesia
memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak.

c. Indonesia sebagai tempat untuk memperoleh tenaga buruh yang banyak dengan upah yang relatif murah.