Bentuk-bentuk Perubahan Sosial Beserta Contohnya di Kehidupan Sehari-hari

loading...

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Bentuk-bentuk Perubahan Sosial-Budaya beserta contohnya. Selain contoh bentuk-bentuk perubahan sosial, bentuk-bentuk perubahan sosial budaya, dan contoh bentuk perubahan sosial serta Bentuk2 perubahan sosial.

kita juga akan menyinggung sedikit tentang  bentuk perubahan sosial, bentuk-bentuk perubahan sosial budaya.

Banyak hal yang dapat kita gunakan sebagai dasar dalam membeda-bedakan bentuk perubahan
sosial. Perubahan sosial dapat berupa suatu kemajuan (progress), atau sebaliknya kemunduran (regress).

Berdasarkan lamanya waktu, ada perubahan yang berjalan secara sangat lambat ada pula yang berjalan dengan cepat.

Berdasarkan dampaknya, ada perubahan yang kecil pengaruhnya ada juga perubahan yang besar pengaruhnya.

Berdasarkan keinginan masyarakat, ada perubahan yang dikehendaki ada pula perubahan yang tidak dikehendaki.

Berikut ini akan kita bahas bentuk-bentuk perubahan sosial dilihat dari maju atau mundurnya.

1. Bentuk Perubahan Sosial Dilihat Dari Maju Atau Mundurnya

Ada perubahan yang dapat dilihat sebagai suatu kemajuan, namun ada juga perubahan yang dapat dilihat sebagai suatu kemunduran.

a. Perubahan Sebagai Suatu Kemajuan (Progress)

Perubahan dipandang sebagai suatu kemajuan bila perubahan itu membawa kemajuan bagi masyarakat. Dengan kata lain perubahan yang terjadi membawa keuntungan bagi kehidupan masyarakat.

Masyarakat memperoleh kemudahan-kemudahan melalui perubahan-perubahan yang terjadi. Dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya manusia akan menghadapi hambatan dan tantangan.

Manusia harus berpikir tentang alat atau cara apa yang harus dipergunakan untuk mengatasi tantangan tersebut agar kebutuhan-kebutuhan hidupnya dapat dipenuhi. Jadi, dapat dikatakan bahwa proses perubahan masyarakat dalam arti progress adalah proses pembangunan masyarakat.

Tujuan pembangunan masyarakat adalah untuk memperbaiki harkat dan martabat hidup manusia dengan mempergunakan kemajuan ilmu pengetahuan. Kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan akan menghasilkan kemajuan teknologi.

Bentuk-bentuk Perubahan Sosial Beserta Contohnya di Kehidupan Sehari-hari
Gambar: Dengan bantuan Teknologi, Pekerjaan Manusia Menjadi Lebih Mudah
Dengan kemajuan teknologi diharapkan manusia lebih bisa menikmati hidupnya. Contoh perubahan dalam arti progress adalah listrik masuk desa, penemuan alat-alat transportasi, dan penemuan alat-alat komunikasi.

1). Masuknya jaringan listrik membuat kebutuhan orang akan penerangan terpenuhi dan Penggunaan alat-alat elektronik meringankan pekerjaan rumah tangga dan memudahkan orang mendapatkan hiburan dan informasi.


2). Penemuan alat-alat transportasi memudahkan orang mengadakan perjalanan dan memudahkan proses pengangkutan.

3). Penemuan alat-alat komunikasi modern seperti telepon dan internet, membuat komunikasi jarak jauh semakin lancar.

b. Perubahan Sebagai Suatu Kemunduran (Regress)

Perubahan dipandang sebagai suatu kemunduran bila perubahan itu membawa pengaruh kurang menguntungkan bagi masyarakat sehubungan dengan bidang-bidang kehidupan tertentu. Misalnya, penggunaan traktor dalam pengolahan tanah pertanian.

Penggunaan traktor dalam mengolah lahan pertanian di satu sisi memang menguntungkan
usaha pertanian. Namun dalam waktu yang bersamaan, penggunaan traktor mengikis kebiasaan gotong royong masyarakat desa yang sudah dijalankan turun-temurun.

Dengan traktor pengolahan sawah dapat dilakukan lebih cepat tanpa memerlukan banyak tenaga manusia. Akhirnya kebiasaan bergotong royong dalam mengolah tanah mulai hilang.

Konsekuensinya, gotong royong sebagai sarana komunikasi dan sarana tatap muka di pedesaan akan lenyap dan intensitas hubungan di antara keluarga semakin menyusut. Demikian pula halnya dengan perkembangan sarana komunikasi dapat mengurangi intensitas masyarakat dalam berkomunikasi secara langsung.