Contoh Perubahan Lambat (Evolusi)

loading...
Bentuk perubahan sosial Berdasarkan lamanya proses perubahan

Pada kesempatan hari ini kita akan membahas tentang contoh perubahan sosial lambat, contoh perubahan lambat, contoh perubahan sosial evolusi, contoh perubahan lambat evolusi, contoh perubahan evolusi, contoh evolusi dan contoh perubahan sosial secara lambat.

Berdasarkan waktu yang dibutuhkan, perubahan dibedakan menjadi perubahan sosial yang terjadi secara lambat (evolusi) dan perubahan sosial yang terjadi secara cepat (revolusi).

Perubahan Yang Terjadi Secara Lambat (Evolusi)

Evolusi adalah perubahan yang terjadi secara lambat dan melewati jangka waktu yang sangat panjang. Dalam evolusi terdapat rentetan perubahan- perubahan kecil yang saling mengikuti.

Perubahan kecil dalam satu hal diikuti oleh perubahan berikutnya. Perubahan-perubahan tersebut bisa saja terjadi karena masyarakat menyesuaikan diri dengan keperluan, keadaan, dan kondisi baru yang timbul seiring dengan pertumbuhan masyarakat.

Perubahan yang terjadi secara lambat dalam evolusi sulit dilihat. Karena terjadinya sangat lambat, anggota masyarakat yang bersangkutan tidak menyadari perubahan tersebut. Untuk mengetahui terjadinya perubahan evolusi dibutuhkan penelitian yang mendalam.

Cara untuk melihat terjadinya suatu evolusi adalah dengan membandingkan keadaan masa lalu dengan kenyataan yang ada dalam masyarakat sekarang ini. Misalnya, perubahan peranan wanita dalam keluarga.

Perlahan-lahan, melalui proses yang panjang peranan wanita dalam keluarga berubah dari masa ke masa. Dalam masyarakat dahulu, peran wanita dianggap kurang penting.
Contoh Perubahan Lambat (Evolusi)
Gambar: Megawati Soekarno Poetri, Presiden Wanita Pertama Indonesia

Dalam kebanyakan masyarakat zaman sekarang laki-laki dan perempuan mempunyai peran yang sejajar. Contoh kesejajaran antara pria dan wanita di negeri ini adalah dilantiknya Presiden Megawati Soekarno Poetri sebagai Presiden ke-5 Republik Indonesia.

Kapan perubahan itu terjadi tidak diketahui dengan pasti. Perubahan yang terjadi dalam evolusi berjalan dengan sendirinya, tidak ada yang merencanakan atau menghendaki.

Masyarakat hanya menyesuaikan diri dengan keperluan, keadaan, dan kondisi baru yang timbul sejalan dengan pertumbuhan masyarakat.