Dampak Perubahan Sosial Di Indonesia

loading...
Pada kesempatan ini kita akan ngomongin tentang dampak perubahan sosial dan pengaruh perubahan sosial budaya. Dampak perubahan sosial budaya terbagi menjadi dua, yaitu Perubahan yang kecil pengaruhnya dan Perubahan yang besar pengaruhnya. Dan sedikit akan kita singgung dampak positif perubahan sosial atau dampak positif perubahan sosial budaya.

Dilihat dari dampak yang ditimbulkannya perubahan sosial dibedakan menjadi perubahan yang kecil pengaruhnya dan perubahan yang besar pengaruhnya.

1. Perubahan Yang Kecil Pengaruhnya

Ada banyak perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Namun tidak semua perubahan membawa dampak yang besar dan luas. Inilah yang dinamakan perubahan yang kecil pengaruhnya.

Perubahan yang kecil pengaruhnya adalah perubahan yang tidak membawa perubahan berarti bagi masyarakat secara keseluruhan. Masyarakat tidak merasakan dampak perubahan tersebut karena tidak melibatkan perubahan lembaga-lembaga kemasyarakatan.

Yang merupakan perubahan yang berdampak kecil, misalnya perubahan mode pakaian, mode rambut, dan sebagainya.
Dampak Perubahan Sosial Di Indonesia
Gambar: Tren Center Gaya Rambut Masyarakat Indonesia Mengikuti Para Selebritis

2. Perubahan Yang  Besar Pengaruhnya

Di antara banyak perubahan sosial yang terjadi, beberapa di antaranya memiliki dampak yang sangat besar dan meliputi wilayah yang luas. Perubahan sosial ini disebut perubahan yang besar pengaruhnya.

Perubahan-perubahan itu besar pengaruhnya karena mengubah lembaga-lembaga kemasyarakatan. Karena lembaga-lembaga kemasyarakatan berubah, maka dampaknya sangat nyata dalam masyarakat.
Dampak Perubahan Sosial Di Indonesia
Gambar: Perubahan Sosial yang Terjadi di Indonesia, Masyarakat Agraris ke Masyarakat Industri

Misalnya, perubahan dari masyarakat agraris ke masyarakat industri mengubah pola hubungan kerja, sistem hak milik tanah, hubungan kekeluargaan, sistem stratifikasi masyarakat, dan sebagainya.

Dampak positif dari kedua perubahan diatas, antara lain:

a. Memacu anak muda untuk terus berkreatifitas,
b. Memunculkan tatanan kehidupan baru dalam bermasyarakat yang ideal dan modern,
c. Membentuk masyarakat yang lebih intelektual, ilmiah, dan rasional, dan
d. Ditemukanya alat-alat baru dan canggih untuk mempermudah kegiatan manusia.